TUGAS JURNAL METODE RISET

FAKTOR PENGARUH INVESTASI DI INDONESIA

Latar Belakang Masalah

Dalam perekonomian suatu negara, tabungan dan investasi merupakan indikator yang dapat menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi. Bagi negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, memiliki dana yang cukup besar, tetapi di sisi lain sumber dana dalam negeri untuk membiayai pembangunan menghadapi kendala dalam pembentukan modal baik bersumber dari penerimaan pemerintah ataupun melalui pajak Indonesia sebagai negara yang sedang membangun, ingin mencoba untuk dapat membangun bangsa dan negaranya sendiri tanpa memperdulikan bantuan dari negara lain. Tentu ini pernah dicoba. Namun ternyata Indonesia sulit untuk terus bertahan ditengah derasnya laju globalisasi yang terus berkembang dengan cepat tanpa mau menghiraukan bangsa yang lain yang masih membangun. Dalam kondisi seperti ini, Indonesia akhirnya terpaksa mengikuti arus tersebut, mencoba untuk membuka diri dengan berhubungan lebih akrab dengan bangsa lain demi menunjang pembangunan bangsanya terutama dari sendi ekonomi nasionalnya.

Rumusan Masalah

Penelitian ini akan membatasi permasalahan sesuai paparan di atas yaitu

1. Bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan ?

2. Bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi investasi ?

Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan.

2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi investasi

Kerangka Pemikiran

Menabung adalah salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan setiap orang, karena hasil tabungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan usaha menjadi lebih besar daripada sebelumnya atau dapat digunakan untuk menanggulangi berbagai kebutuhan yang mendesak. Tabungan yang dilakukan perseorangan bukan hanya bermanfaat bagi penabung itu sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi negara dan masyarakat, karena tabungan tersebut dapat dijadikan modal usaha dan investasi pinjaman oleh orang lain. Menurut Samuelson dan Nordhaus (1986), tabungan merupakan sebagian dari pendaptan yang tidak dikonsumsi atu tabugan sama dengan pendapatan dikurangi dengan konsumsi. Penelitian empirik menunjukkan bahwa orang kaya menabung lebih banyak daripada orag miskin. Pengertian lebih banyak di sini bukan hanya dalam jumlah nominal, tetapi juga dalam bentuk persentase dari seluruh pendapatannya (Samuelson dan Nordhaus, 1986). Orang yang ssangat miskin sangat jelas tidak akan mampu menabung sama sekali dan bahkan mungkin akan membelanjakan uang yang lebih banyak daripada pendpatannya.

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. investasi selain juga dapat menambah penghasilan seseorang juga membawa risiko keuangan bilamana investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah faktor keamanan (baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia), ketertiban hukum.

Referensi Jurnal : 1. Prara SE. Judul : Investasi di Indonesia

2. Suprayitno. Judul : Prospek Investasi di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: