Metode Riset BAB IV

BAB IV

HASIL PENELITIAN

  1. Usaha Koperasi dan Usaha Kecil

Responden yang diwawancarai kebanyakan usaha bergerak dalam lingkungan industri kerajinan rakyat (industri alat rumah tangga). Kegiatan usaha mempekerjakan keluarga, tetangga dan penduduk sekitar tempat usaha. Pengembangan usaha relatiflamban, karena modal kecil, usaha turun temurun, kadangkadang produksi berdasarkan pesanan. Bagi koperasi, jenis usaha ditekuni umumnya unit toko dan unit simpan pinjam yang kebanyakan melayani anggotanya. Ada jenis usaha lain yang didirikan koperasi, tapi belum banyak berkembang, oleh karena itu untuk membiayai usaha tersebut diambilkan dananya dari usaha yang telah maju.

 

Bagi usaha koperasi pengambilan keputusannya berbeda sekali dengan keputusan diambil usaha kecil termasuk usaha menengah. Keputusan yang diambil koperasi berdasarkan kehendak para anggota, disalurkan melalui rapat anggota. Pengurus koperasi tidak mempunyai wewenang dalam menentukan kegiatan baru, lebih-lebih kegiatan tersebut memerlukan biaya-biaya. Bila pengurus ingin untuk mendapatkan HaKI, maka pengurus koperasi harus mendapatkan persetujuan dari anggota dengan rencana kerja yang disahkan. Koperasi milik anggota dengan semboyan “dari, oleh, untuk” anggota. Rencana kerja yang telah disahkan melalui rapat, sangat penting bagi organisasi koperasi untuk mengetahui hasil kerja pengurus dalam satu tahun buku. Didalam neraca tahunan terlihat apakah suatu koperasi rugi atau untung.

 

Karena lambatnya keputusan yang diambil harus melalui rapat anggota, bila ada peluang usaha yang harus diputuskan waktu itu juga, tidak dapat diputuskan. Akibatnya koperasi tidak dapat mengambil peluang usaha. Beberapa orang pengurus dan manager yang ditunjuk mengelola usaha koperasi, bukan membuat keputusan tetapi menjalankan keputusan yang telah ada berdasarkan hasil rapat anggota. Pengurus mempertanggung jawabkan hasil kerjanya selama tahun buku kepada rapat anggota, sedangkan manager mempertanggung jawabkan hasil kerjanya kepada pengurus, karena manager diangkat pengurus dalam surat keputusan dengan masa jabatan telah ditetapkan. Pekerjaan yang ada di koperasi, baik administrasi 13 organisasi, administrasi usaha dipertanggung jawabkan pengurus pada akhir tahun buku dalam rapat anggota tahunan (RAT).

  1. Pemberdayaan UKM dan Koperasi di Daerah Perbatasan

Penyusunan model pemberdayaan UKM dan koperasi di kawasan perbatasan Negara dilakukan dalam upaya pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan ekspor melalui produk unggulan. Berdasarkan observasi dan berbagai sumber informasi yang diperoleh

  1. Pemanfaatan Teknologi Dan Pemikiran Diversifikasi Usaha

 

Teknologi sangat bermanfaat dalam rangka pengembangan usaha, baik dalam rangka peningkatan kualitas maupun kuantitas karena dengan teknologi pekerjaan berjalan secara otomatis akan mempersingkat waktu, mungkin bias menekan biaya, dan meningkatkan kualitas produk. Atas pertanyaan pemanfaatan teknologi, dari 32 responden ternyata 24 orang ( 75 %) menggunakan teknologi dan selebihnya 8 orang ( 25 % ) tidak memanfaatkan teknologi Teknologi yang telah dimanfaatkan responden antara lain computer untuk usaha simpan pinjam, wartel, mesin jahit, microwave, sarana angkutan, alat penangkap ikan dengan tenaga surya, mesin photo copy, dan sebagainya. Sedang yang belum memanfaatkan teknologi karena memang kegiatan usahanya belum memerlukan teknologi modern, namun ada juga yang sebetulnya membutuhkan belum bisa memanfaatkan karena kendala keuangan sehingga teknologi tersebut belum terjangkau.

 

Sejalan dengan optimisme pelaku usaha dan kepercayaan atas kemampuannya, ternyata dari 32 responden 23 orang (71,85%)menyatakan selalu memikirkan tentang diversifikasi usaha, 7 orang (21,88%) menyatakan kadang-kadang, dan hanya 2 orang (6,25%) tidak pernah memikirkan tentang diversifikasi usaha. Diversifikasi usaha yang akan dilakukan pelaku usaha antara lain K1 Sulsel ingin membantu pemasaran produk kerajinan kelompokkelompok prouktif yang dibinanya, dan UK ingin memanfaatkan bahan baku yang ada di wilayahnya, membuka unit-unit usaha baru tentu saja disesuaikan dengan ketrampilan dan kemampuan yang dimilikinya. Pemikiran terhadap diversifikasi usaha mungkin juga disebabkan karena usaha yang digeluti sudah jenuh.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: