Blokir Rekening, Bapepam & KSEI Digugat Rp 122 Miliar

 

Blokir Rekening, Bapepam & KSEI Digugat Rp 122 Miliar

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dan PT Kustodian Senteral Efek Indonesia (KSEI) digugat Rp 122,795 miliar oleh PT Kerrisdale Utama dan Orbital Enterprises Ltd karena sudah memblokir rekening di PT Bank CIMB NiagaTbk(BNGA).
            Menurut kuasa hukum kedua perusahaan tersebut, Bapepam dan KSEI tanpa alasan hukum telah memblokir Sub Rekening Efek Nomor: BNGA 1664100101 atas nama KerrisdaleyangdananyamilikOrbital. “Kerrisdale adalah Safekeeper & Agent dari Orbital, di mana dana tersebut diperoleh Orbital dari PT Signature Capital Indonesia yang telah menggadaikan saham-saham yang dikuasai dan dimilikinya kepada klien kami (Orbital),” kata kuasa hukum tersebut dalam siaran pers, Rabu (7/12/2011).
            Penggadaian saham-saham itu dilakukan berdasarkan Perjanjian Penjualan dan Pembelian Kembali Saham antara Orbital dan Signature Capital dengan Nomor: 001/SCI-REPO/XI/08tanggal10November2008.
             Menurutnya, tindakan Bapepam dan KSEI tersebut dilakukan dengan alasan saham-saham yang digadaikan oleh Signature Capital adalah saham milik nasabah-nasabahnya yang digadaikan (repo) kepada kliennya tanpa sepengetahuan dan seizin nasabah-nasabahnya.
Padahal faktanya, kata dia, berdasarkan Keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor: 876/Pid.B/2009/PN.JKT.SEL, tanggal 17 September 2009, atas nama Otto Eduard Sitorus, Cs. dan Keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor: 925/Pid.B/2009/PN.JKT.SEL, tanggal 17 September 2009, atas nama Tariq Khan.
Ditambah juga Keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor: 1195/Pid.B/2009/ PN.Jkt.Sel, tertanggal 18 November 2009, atas nama Terdakwa Imrizal Ismail, ketiga putusan tersebut tidak ada satupun yang menyatakan bahwa dana yang berada di Sub Rekening Efek tadi adalah milik nasabah-nasabah Signature Capital.
“Tetapi berdasarkan ketiga Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut di atas, dana yang merupakan saham-saham milik nasabah Signature Capital Indonesia adalah dana yang berada di rekening Bank Mega atas nama Kerrisdale,” ujarnya.

 

Nama        : Aryo Prayogi

NPM          : 11208476

Kelas         : 4 EA 12

Contoh Kasus Etika Bisnis dalam Binsis Perbankan

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: